Perdagangan elektronik atau yang biasa disebut dengan electronic commerce adalah proses jual beli secara elektronik, dan kegiatan ini dilakukan melalui jaringan internet ataupun televisi.
KEUNTUNGAN
• Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan, yang tidak didapatkan pada system tradisional
• Dapat meningkatkan pangsa pasar (market exposure)
• Menurunkan biaya operasional (operating cost)
• Melebarkan jangkauan (global reach)
• Meningkatkan kesetiaan pelanggan (costumer loyalty
• Meningkatkan supplier management
• Memperpendek waktu produksi
• Meningkatkan rantai nilai pendapatan
KEKURANGAN
• Keamanan sistem rentan diserang
Terdapat sejumlah laporan mengenai website dan basis data yang dihack, dan berbagai lubang kelemahan keamanan dalam software. Hal ini dialami oleh sejumlah perusahaan besar seperti Microsoft dan lembaga perbankan.
• Persaingan tidak sehat
Di bawah tekanan untuk berinovasi dan membangun bisnis untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dapat memicu terjadinya tindakan ilegal yaitu penjiplakan ide dan perang harga.
• Masalah kompabilitas teknologi lama dengan yang lebih baru
Hal ini memaksa perusahaan untuk menjalankan dua sistem independen yang tidak dapat saling berbagi, hal ini dapat mengakibatkan pembengkakan biaya.
• Perlunya keahlian komputer
Tanpa menguasai keahlian computer, mustahil konsumen dapat berpartisipasi dalam e-commerce.
• Biaya tambahan untuk mengakses internet
Untuk ikut serta dalam e-commerce dibutuhkan koneksi internet yang tentu saja menambah pos pengeluaran bagi konsumen.
• Biaya peralatan komputer
Perkembangan komputer yang sangat pesat menyarankan konsumen untuk juga mengupdate peralatannya apabila tidak ingin ketinggalan teknologi.
• Risiko bocornya privasi dan data pribadi
Segala hal mungkin terjadi saat konsumen mangakses internet untuk menjalankan ¬ e-commerce, termasuk risiko bocornya data pribadi karena ulah orang lain yang ingin membobol sistem.
• Berkurangnya waktu untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain.
Transaksi e-commerce yang berlangsung secara on-line telah mengurangi waktu konsumen untuk dapat melakukan proses sosial dengan orang lain.
• Berkurangnya rasa kepercayaan karena konsumen berinteraksi hanya dengan komputer.
• Adanya sumber daya yang terbuang
Munculnya teknologi baru akan membuat teknologi lama tidak dimanfaatkan lagi. Misalnya dengan komputer model lama atau software model lama yang sudah tidak relevan untuk digunakan.
Setiap sistem jual beli secara konfansional maupun elektronik memiliki keuntungan dan kelebihan masing-masing. Semua keputusan ada ditangan masing-masing individu,sistem jual beli manakah yang akan dipilih.