TUGAS 1
1.Organisasi dapat diartikan sebagai wadah dan sebagai proses, jelaskan dengan singkat !
Jawab :
· Organisasi sebagai wadah, adalah dimana organisasi menjadi tempat manusia untuk saling bekerja sama.
· Organisasi sebagai proses, adalah sebagai proses pengelompokan manusia dalam kerjasama yang efisien.
2.Apa yang di maksud pimpinan dalam pengertian universal ?
Jawab :
Pimpinan adalah seorang yang memimpin suatu badan atau organisasi.
3.Jelaskan mengapa market & methods tidak dimasukkan ke dalam sumber-sumber manajemen ?
Jawab :
· Karena market & methods merupakan satu acar bagaiman agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan denga tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan denga tepat pula.
4.Apa yang dimaksud dengan material dalam arti fisik ? bagaimana kalau dalam arti non fisik ?
Jawab :
· Fisik : Bahan – bahan. Contoh : uang, emas, dll.
· Non Fisik : ide – ide, pemikiran.
5.Mengapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja ?
Jawab :
Karena untuk dapat bertahan hidup, seseorang harus memiliki uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka dengan cara bekerja.
TUGAS 2
1.Apa pengertian efisiensi ?
Jawab :
Perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang di peroleh atau output dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber dan waktu yang di gunakan.
2.Bagaimana cara meningkatkan efisiensi kerja ?
Jawab:
· Pelaksanaan fungsi manajemen.
· Pemanfaatan sumber daya ekonomi yang tepat.
· Pelaksanaan fungsi organisasi sebagai alat pencapain tujuan yang setepat-tepatnya.
· Pengarahan dan dinamika organisasi dilakukan untuk pengembangan dan kemajuan yang berkesinambungan.
3.Jelaskan ruang lingkup organisasi & metode !
Jawab :
Menyangkut bidang-bidang khusus dari organisasi dan manajemen yang detail dan luas scopenya.
4.Mengapa pada ukuran efisiensi wewenang harus seimbang dengan tanggung jawab yang di bebankan ?
Jawab :
Karena jika tidak seimbang, efisiensi dalam organisasi dan metode tidak dapat tercapai.
TUGAS 3
1.Mengapa manusia cenderung untuk mengatur dan mengorganisasi kegiatan-kegiatannya ?
Jawab :
Karena manusia adalah makhluk social yang cenderung hidup bermasyarakat, serta mengatur dan mengorganisir kegiatan dalam mencapai tujuan. Karena keterbatasan kemampuan manusia yang menyebabkan manusia tidak dapat mencapai tujuannya tanpa kerjasama.
2.Sebutkan dan terangkan beberapa alasan untuk mempelajari organisasi secara formal ?
Jawab :
Didalam organisasi formal ada 4 unsur pokok yang selalu muncul, yaitu :
· System kegiatan yang terorganisasi.
· Kelompok orang.
· Kerjasama.
· Kekuasaan dan kepemimpinan.
Jadi, didalam organisasi formal yang harus dipelajari adalah system kegiatan yang terorganisasi dari sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan dibawah kekuasaan dan kepemimpinan.
3.Teori organisasi klasik telah menimbulkan dampak pada organisasi-organisasi sampai sekarang, coba sebutkan beberapa contohnya :
Jawab :
· Organisasi menjadi sangat tersentralisasi.
· Tugas – tugasnya terspesialisasi.
· Memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku.
· Tidak mengandung kreatifitas.
4.Henry Fayol seorang industrialis merupakan salah satu tokoh teori asministrasi, dalam bukunya menyatakan bahwa semua kegiatan industri dapat dikelompokkan menjadi berapa, sebutkan!
Jawab :
Dikelompokkan menjadi 5, diantaranya
· Pengorganisasian.
· Pemberian perintah.
· Perencanaan.
· Pengkoordinasian.
· Pengawasan.
5.Dalam buku-buku literature, manajemen ilmiah sering diartikan berebeda, terangkan perbedaan tersebut !
Jawab :
· Pengertian pertama : mengatakan manajemem ilmiah merupakan penerapan metode ilmiah pada studi, analisa dan pemecahan masalah-masalah organisasi.
· Pengertian kedua : Mengatakan manajemen ilmiah adalah seperangkat mekanisme atau teknik “ a bag of tricks “ untuk meningkatkan efisiensi kerja organisasi.
6.Mengapa banyak bidang-bidang insdustri, manajemen industri dan manajemen personalia diilhami oleh karya-karya taylor ?
Jawab :
Karena karya – karya Taylor banyak mengemukakan 4 kaidah dasar manajemen yang harus dilaksanakan dalam organisasi perusahaan,yaitu :
· Menggantikan metoda – metoda kerja dalam praktek dengan berbagai metode yang dikembangkan atas dasar ilmu pengetahuan tentang kerja yang ilmiah & benar.
· Mengadakan seleksi, latihan – latihan dan pengembangan para karyawan secara ilmiah.
· Pengembangan ilmu tentang kerja serta seleksi, latihan dan pengembangan secara ilmiah harus diintegrasikan. Untuk mencapai manfaat manajemen ilmiah, perlu dikembangkan semangat dan mental para karyawan.
7.Menurut teori organisasi klasik adanya suatu organisais bergantung pada empat kondisi, sebutkan dan terangkan !
Jawab :
· Kekuasaan.
· Saling melayani.
· Doktrin.
· Disiplin.
8.Mengapa teori neoklasik secara sederhana dikenal sebagai teori hubungan manusiawi (the human relation movement?
Jawab :
Karena teori ini menekankan pada pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya.
9.Apakah teori neoklasik merupakan teori baru seperti teori klasik !
Jawab :
Iya.
10. Bagaimanakah pandangan teori neoklasik terhadap organisasi informal ?
Jawab :
Organisasi merupakan sekelompok orang dengan tujuan bersama.
11. Dalam teori organisasi modern dikemukakan bahwa organisasi merupakan system terbuka, apa maksudnya ?
Jawab :
Teori modern melihat bahwa semua unsure organisasi sebagai satu kesatuan dan saling ketergantungan, yang bukan merupakan system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil.
12. Menurut teori modern organisasi sebagai suatu system terdiri atas berapa unsur, sebutkan !
Jawab :
· Bagaian dalam keseluruhan dan pergerakan individu di dalam dan luar system
· Interaksi individu dengan lingkungan yang terjadi dalam system
· Interaksi diantara individu dalam system
· Masalah pertumbuhan dan stabilitas system
13. Kualitas-kualitas apakah yang merupakan kerangka filosofi untuk mempelajari organisasi sebagai suatu system ?
Jawab :
14. Apa yang dimaksud dengan proses komunikasi, keseimbangan dan proses pengambilan keputusan dalam teori organisasi modern ?
Jawab :
Komunikasi, konsep keseimbangan, dan proses pengambilan keputusan merupakan 3 kegiatan proses hubungan universal yang selalu muncul pada system manusia dalam perilakunya berorganisasi.
15. Apa alasannya organisasi formal diibaratkan sebagai sebuah kendaraan untuk mencapai tujuan secara bersama?
Jawab :
Karena dalam system organisasi formal, antara struktur dengan proses organisasi merupakan satu kesatuan dan berkaitan erat. Struktur organisasi walaupun hanya menyajikan kerangka bangunan organisasi, tetapi merupakan suatu subsistem penting.
16. Mengapa tidak ada suatu cara desain yang “ampuh” untuk segala kondisi ?
Jawab :
Karena perlu diperhatikan 3 tipe lingkungan berbeda yang mempengaruhi desain organisasi, yaitu :
· Lingkungan stabil : lingkungan dengan sedikit atau tanpa perubahan yang tidak diperkirakan atau secara tiba – tiba.
· Lingkungan berubah ( changing environment ) : lingkungan dimana inovasi mungkin terjadi dalam setiap atau seluruh bidang.
· Lingkungan bergejolak ( turbulent environment ) :lingkungan dimana sering terjadi perubahan secara drastis.
17. Apa peranan manajer proyek dalam organisasi proyek secara umum ?
Jawab :
· Organisasi proyek individual, hanya terdiri atas manajer proyek dan tidak mempunyai kegiatan.
· Organisasi proyek staf, manajer proyek mempunyai staf pendukung.
· Organisasi proyek intermiks, manajer proyek mempunyai personalia staf dan dipilh kepala – kepala fungsional utama.
· Organisasi proyek agrerat, manajer proyek mempunyai semua personalia.
18. Bagaimanakah pendapat Scott dan Mitchell tentang pengertian kata pengaruh, sebutkan contohnya !
Jawab :
Merupakan suatu transaksi social dimana seorang atau kelompok orang digerakkan oleh seorang atau kelompok orang yang lain untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi.
19. Sebut dan terangkan lima sumber atau basis yang diidentifikasikan oleh French dan Roven !
Jawab :
· Kekuasaan balas jasa.
· Kekuasaan paksaan.
· Kekuasaan sah.
· Kekuasaan ahli.
· Kekuasaan panutan.
20. Bagaimanakah tipe pendekatan teknik-teknik kreatif dalam pengambilan keputusan ?
Jawab :
· Teknik kreatif.
· Teknik Partisipasif.
· Teknik pengambilan keputusan modern.
21. Bagaimana pula kritik terhadap teknik Brainstorming, terangkan!
Jawab :
Teknik Brainstorning hanya dapat diterapkan pada masalah – masalah keputusan sederhana yang sangat memakan waktu dan biaya, dan hasil yang hanya berupa ide – ide dangkal saja.
22. Apakah yang dimaksud dengan proses Minaut dalam pengambilan keputusan ?
Jawab :
23. Apa sebab timbulnya organisasi informal ?
Jawab :
organisasi informal timbul karena adanya kebutuhan-kebutuhan penting yang bersifat manusiawi yang harus dipenuhi dan ternyata tidak dapat dipenuhi oleh organisasi formal.
24. Apakah yang dimaksud dengan “jendela johari”, dikembangkan oleh siapa ?
Jawab :
Dikembangkan oleh Joseph Luft dan Harrington Ingham. Yang artinya sebagai perwujudan bagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain yang digambarkan sebagai sebuah jendela. “jendela” tersebut terdiri dari matrik 4 sel, masing-masing sel menunjukkan daerah diri, baik yang terbuka maupun yang di sembunyikan. Keempat sel tersebut adalah daerah public, daerah buta, daerah tersembunyi, dan daerah yang tidak disadari.
25. Bagaimana maksud dari model teori proses motivasi kerja ?
Jawab :
· Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan – kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan.
· Motivasi merupakan masalah yang kompleks dalam organisasi karena kebutuhan dan keinginan setiap anggota organisasi adalah berbeda – beda dan berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula.
· Motivasi dapat ditimbulkan baik oleh factor internal maupun eksternal tergantung dari mana suatu kegiatan dimulai.
TUGAS 4
1.Mengapa tata kerja, system kerja maupun prosedur kerja merupakan satu kesatuan yang bulat. Jelaskan dengan singkat ?
Jawab :
Karena tata kerja meruapakan cara, prosedur merupakan tahapan dalam tata kerja, system meruapakan susunan antara tata kerja dan prosedur, dan itu semua pengerjaannya saling berkaitan
2.Jelaskan perbedaan pengertian antara tata kerja, system kerja dan prosedur kerja. Dari ketiga kegiatan tersebut menurut saudara mana yang paling penting ?
Jawab :
· Tata kerja : merupakan cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bias mencapain tingkat efisien yang maksimal
· Prosedur : merupakan tahapan dari tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan
· System kerja : merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Menurut saya yang paling penting adalah system kerja.
3.Sebutkan prinsip-prinsip yang harus dipakai dalam penggunaan tata kerja, system kerja dan prosedur kerja. Apa kegunaan prinsip-prinsip tersebut bagi pelaksanaan kegiatan ketiga hal tersebut !
Jawab :
· Tata kerja,prosedur dan system harus disusun dengan memperhatikan segi-segi tujuan, fasilitas, peralatan, material, biaya, dan waktu yang tersedia serta segi luas, macam dan sifat dari tugas atau pekerjaan
· Untuk mempersiapkan hal-hal itu dengan setepat-tepatnya maka haruslah terlebih dahulu dipersiapkan adanya penejalasan tantang tujuan pokok organisasi, skema, klasifikasi jabatan, analisa jabatan, unsur kegiatan organisasi, dan semacamnya
· Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan prosedurnya
· Selanjutnya harus dibuat dan djelaskan daftar dari tiap-tiap detail pekerjaan yang harus dilakukan berikut lamanya waktu yang diperlukan untuk melaksanakan bidang tugas yang dimaksud
· Dan tiap-tiap tahap itu harus betul-betul merupakan suatu kerja yang nyata dan perlu untuk melaksanakan dan penyelesaian seluruh tugas atau pekerjaan yang dimaksud
· Ditetapkan pula skill atau kecakapan dan keterampilan tenaga kerja yang diperlukan untuk penyelesaian bidang tugas termaksud
· Tata kerja, prosedur dan system harus disusun sedemikian rupa sehingga memiliki stabilitas dan fleksibilitas.
· Perlu diperhatikan bahwa penyusunan system, prosedur dan tata kerja harus selalu disesuaikan dengan kemajuan zaman dan teknologi, jadi harus dijaga updatenessnya
· Untuk penggambaran tentang penerapan suatu prosedur tertentu sebaiknya dipergunakan tanda-tanda atau symbol dan skema atau bagan prosedur dengan setepat-tepatnya
· Dan akhirnya untuk menjamin penerapan tata kerja, prosedur dan system yang setepat-tepatnya, maka adanya buku-buku pedoman tentang hal-hal itu mutlak perlu dipersiapkan, untuk itu maka adanya staff khusus sebagai O & M specialist adalah mutlak diperlukan
4.Buatlah daftar kegiatan pelaksanaan pekerjaan saudara selama satu minggu (40 jam). Urutkan dari pekerjaan yang paling penting dan mendesak untuk dilakukan sampai dengan pekerjaan yang relative kurang penting pengerjaannya dalam minggu ini.
Jawab :
Nama Melati Tri. A | Jabatan Pelajar | Golongan Mahasiswa | Masa Kuliah Strata Satu |
NO. | Keterangan tentang Kegiatan | Jumlah jam kegiatan seminggu untuk tiap jenis kegiatan | ||
1 | Shalat | 9 jam | ||
2 | Kuliah | 19 jam | ||
3 | Praktikum | 4 jam | ||
4 | Mengerjakan tugas kuliah | 6 jam | ||
5 | Nonton Televisi | 2 jam | ||
JUMLAH SELURUH JAM KEGIATAN SEMINGGU | 40 JAM | |||
Tanggal 13 November 2009 | Unit | Disahkan oleh | Tanda tangan Jabatan Pengawas |
5.Mengapa dalam tata kerja, system kerja dan prosedur kerja harus selalu disusun untuk memiliki sifat stabilitas dan fleksibilitas ? jelaskan dan beri contohnya .
Jawab :
Karena system, prosedur dan tata kerja harus mengandung unsure yang tetap sehingga menjamin kelancaraan dan kemantapan kerja. Dan diadakannya saling pergantian tugas sehingga misalnya salah seorang tidak masuk atau kebetulan salah satu mesin macet, maka pekerjaan harus tetap dapat terlaksana dan di selesaikan.
6.Jelaskan pengeretian updateness suatu penyusunan system, prosedur dan tata kerja .
Jawab :
Penyusunan system, prosedur dan tata kerja harus selalu disesuaikan dengan kemajuan jaman dan teknologi.